Fraud Prevention Measures

Langkah-Langkah Pencegahan Penipuan

Di era digital yang sarat dengan penggunaan teknologi, Anda adalah bagian penting dari ekosistem keuangan yang dinamins, namun juga rentan terhadap ancaman penipuan yang umum disebut sebagai fraud.

Fraud dalam sektor perbankan seperti penipuan identitas, phishing, manipulasi transaksi, atau penyalahgunaan data pribadi dapat mengakibatkan kerugian finansial dan non-finansial. Dengan semakin maraknya serangan siber dan teknik penipuan yang canggih, kewaspadaan Anda sebagai nasabah menjadi kunci untuk melindungi dana dan informasi pribadi Anda.

PT Bank BNP Paribas Indonesia (“Bank”) mengimbau nasabah dan masyarakat umum untuk waspada terhadap upaya penipuan yang dilakukan melalui telepon, surel, pesan teks, atau saluran komunikasi lainnya yang mengatasnamakan Bank . Bank tidak menawarkan produk ritel apa pun dan tidak bertransaksi langsung dengan investor perorangan.

Kami mengingatkan setiap pihak untuk berhati-hati sebelum memberikan data pribadi atau melakukan transfer dana dan selalu menghubungi perwakilan Bank Anda untuk memvalidasi keaslian dari setiap komunikasi.

Bagi nasabah Bank, jika Anda menemukan transaksi mencurigakan, silakan hubungi Layanan Nasabah kami (CSD) di +62 (21) 5081 4848 (selama hari dan jam kerja) atau melalui surat elektronik dengan alamat  csd.indonesia@asia.bnpparibas.com.

Jika Anda menjadi korban transaksi penipuan, segera ikuti langkah-langkah berikut untuk melaporkan kejadian tersebut.

  1. Mengajukan laporan ke Polisi;
  2. Membuat laporan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan/atau Bank Indonesia (BI) ;
  3. Untuk nasabah PT Bank BNP Paribas Indonesia, Anda juga dapat membuat aduan ke CSD Bank BNP Paribas Indonesia pada nomor dan alamat surel di atas atau menghubungi Relationship Manager Anda.

Dihalaman ini kami sertakan pula dokumen yang dapat menjadi panduan Anda dalam mengenali dan mengantisipasi fraud yang umum terjadi. Dengan pengetahuan dan kewaspadaan yang tepat, Anda dapat melindungi diri dari ancaman fraud dan berkontribusi pada ekosistem perbankan yang lebih aman.

Bersama kita jaga keamanan finansial.

Tips tentang Risiko Siber dan Pencegahan Penipuan

  1. Melawan penipuan & risiko siber
  2. Kewaspadaan Keamanan Daring
  3. Keamanan Seluler

Fraud Prevention Measures

In this digital era, rife with technology, you are a vital part of a dynamic financial ecosystem, yet you are also vulnerable to the threat of fraud.

Fraud in the banking sector, such as identity theft, phishing, transaction manipulation, or misuse of personal data, can result in financial and non-financial losses. With the rise of cyberattacks and sophisticated fraud techniques, your vigilance as a customer is key to protecting your funds and personal information.

PT Bank BNP Paribas Indonesia (“Bank”/”The Bank”) urges customers and the general public to be wary of fraudulent attempts made via telephone, email, text messages, or other communication channels or other communication channels on behalf of the Bank. The Bank does not offer any retail products and does not transact directly with individual investors.

We remind everyone to exercise caution before providing personal data or making fund transfers and to always contact your Bank representative to validate the authenticity of any communication.

For Bank customers, if you encounter any suspicious transactions, please contact our Customer Service Desk (CSD) at +62 (21) 5081 4848 (during business hours) or via email at csd.indonesia@asia.bnpparibas.com.

If you are a victim of fraudulent transactions, please immediately follow these steps to report the incident.

  1. File a Police report;
  2. File a report with the Financial Services Authority (OJK) and/or Bank Indonesia (BI);
  3. For Bank customers, you can also file a report to The Bank’s CSD at the above mentioned number and email address or contact your Relationship Manager.

On this page, we’ve also included documents that can help you recognize and anticipate common frauds. With the right knowledge and vigilance, you can protect yourself from the threat of fraud and contribute to a safer banking ecosystem.

Together, let’s safeguard our financial security.

Tips on Cyber Risk and Fraud Prevention

  1. Fighting fraud & cyber risks
  2. Online Security Awareness
  3. Mobile Security Awareness